- wisudastikeskhg@gmail.com
Profesi Ners
Profesi Ners
Jumlah SKS | 40 | |||
Program Pendidikan Akademik | Profesi | |||
Bahasa Pengantar | Bahasa Indonesia | |||
Durasi | 1 Tahun | |||
Gelar | Ners |
VISI
Menjadi program studi ners yang menghasilkan ners kompeten dan unggul dalam bidang keperawatan medikal bedah yang ampu bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional tahun 2022.
MISI
- Meningkatkan SDM dosen dan Instruktur Klinik di lahan praktik melalui pendidikan dan pelatihan.
- Menyelenggarakan pendidikan ners yang professional dan bermutu unggul dan berakhlak mulia.
- Mendorong kemajuan penelitian dibidang teknologi keperawatan khususnya dibidang keperawatan medikal bedah.
- Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu keperawatan demi kesejahteraan masyarakat.
- Menjalin kerjasama lintas program dan lintas sektoral dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah di bidang kesehatan dan dalam menunjang keberhasilan pencapaian program.
- Mengembangkan sistem pendidikan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan yang didukung oleh penyediaan sumber-sumber belajar yang beragam, mudah dijangkau, dan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.
Tujuan
a. Menghasilkan perawat yang kompeten
b. Menghasilkan penelitian-penelitian di bidang teknologi kesehatan
c. Menghasilkan SDM dosen yang kompeten di area klinik maupun akademik.
d. Terciptanya pendidikan profesi ners yang profesional, bermutu unggul dan berakhlaq mulia.
e. Memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat dalam hal kesehatan.
f. Terciptanya kerjasama antar program studi dan lintas sektoral untuk mendukung kebijakan pemerintah dibidang kesehatan dan dalam menunjang keberhasilan pencapaian program.
g. Terciptanya sistem pendidikan sistem pendidikan yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan yang didukung oleh penyediaan sumber-sumber belajar yang beragam, mudah dijangkau, dan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi
Komunikasi Dasar Keperawatan
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata Kuliah ini mempelajari tentang prinsip-prinsip kornunikasi umum beserta aplikasinya dalam konteks pelayanan kesehatan secara umum dan secara khusus dalam memberikan asuhan keperawatan yang diperuntukkan bagi individu, kelompok, keluarga dan masyarakat, serta dalarn tim kcsehatan untuk berbagai tatanan baik praktik klinis maupun komunitas. Selain itu, dibahas pula trend dan issue yang berkaitan dengao petkembangan kornunikasi dalam bidang kesehatan.
Ketrampilan Dasar Keperawatan
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang prosedur keperawatan yang menjadi dasar ilmiah dalarn praktik keperawatan yang mencakup pengukuran tanda vital, pengkajian keperawatan dan pemeriksaan fisik, pengendalian infeksi dan prosedur pemberian rnedikasi. Pengalaman belajar meliputi pembelajaran di kelas, laboratorium keperawatan, dan klinik.
Ilmu Dasar Keperawatan
Deskripsi Mara Kuliah :
data kuliah .ini mernbahas tentang konsep patologi, patofisiologi, mikrobiologi dan parasitologi pada berbagai kondisi sebagai landasan dalam mempelajari ilmu-ilmu lanjutan/ keahlian.
Farmakologi Keperawatan
Deskripsi Mara Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep farmakologi dalarn kepcrawatan dan dampak obat terhadap sistem tubuh sebagai landasan dalam mernpelajari ilmu-ilmu lanjutan atau keahlian.
Promosi Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan
Deskripsi Mara Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep teoritis prornosi kesehatan dan pendidikan kesehatan bagi klien, konsep dan teori belajar mengajar, konsep dan teori prornosi kesehatan dan pengembangan program pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien.
Keperawatan Kesehatan Jiwa 1
Beban Studi : 3 sks (2 T, 1P)
Deskripsi Mata Kuliah:Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep – konsep dan prinsip – prinsip sertatrend dan isu kesehatan dan keperawatan jiwa. Dalam mata kuliah ini juga dibahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif dalam tentang respons sehat jiwa sampai ganggua jiwa, psikodinamika, terjadinya masalah kesehatan/keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tertier terhadap klien dengan masalah psikososial dan spiritual serta gangguanjiwa juga merupakan fokusdalam mata kuliah ini, termasukhubungan terapeutik secara individu dan dalam koteks keluarga, dan penerapan terapi modalitas keperawatan. Pengalamn belajar ini akan berguna dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi kepeerawatan jiwa pada area keperawatan lainnya.
Keperawatan HIV/AIDS
Beban Studi : 2 SKS (1T; 1P)
Prasyarat : Ilmu Keperawatan Dasar, Biomedik, Komunikasi
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mempelajari tentangtrend issue dan perilaku yang berisiko tertular/menularkan HIV AIDS, Pengkajian bio, psiko, sosial spiritual dan kultural;
pemeriksaan fisik dan diagnostik; tanda dan gejala;, dan penatalaksanaan pasien dengan HIV AIDS, Prinsip hidup dengan ODHA, family centerd pada ODHA dan stigma pada ODHA, Prinsip komunikasi konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Konseling pada klien dengan HIV/AIDS, Prinsip perawatan pada bayi dan anak penderita HIV AIDS atau dengan orang tua HIV AIDS, Asuhan keperawatan pada pasien terminal illnes (palliative care), Pengkajian spiritual dan kultural pada klien dengan HIV/AIDS dan long term care, Berbagai macam terapi komplementer, Tinjuan agama tentang penyakit kronis.
Keperawatan Anak I
Beban Studi : 4 sks (2T, 1P, 1PL)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini adalah mata kuliah keahlian keperawatan yang berfokus kepada respon anak dan keluarganya pada setiap tahap perkembangan mulai lahir sampai akhir masa remaja baik dalam keadaan sehat ataupun sakit akut, di masyarakat ataupun dirawat di rumah sakit, serta intervensi keperawatannya baik yang bersifat mandiri maupun kolaboratif. Mata kuliah ini juga merupakan integrasi dan penerapan ilmu keperawatan dasar dan ilmu dasar keperawatan yang membantu mengantarkan mahasiswa untuk mendalami tentang bagaimana melakukan asuhan keperawatan profesional (holistik), memberikan pendidikan kesehatan, menjalankan fungsi advokasi bagi klien/keluarganya dengan menerapkan komunikasi efektif, serta membuat
keputusan dengan mempertimbangkan aspek legal dan etik. Kegiatan belajar mahasiswa berorientasi pada pencapaian kemampuan berfikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep dengan pendekatan proses keperawatan sebagai dasar penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap profesional (pengembangan soft sklills) melalui beberapa model belajar yang relevan.
Keperawatan Medikal Bedah II
Beban Studi : 3 SKS (2T; 1P)
Prasyarat : Keperawatan Dasar I dan II, IDK I, IDK II, Keperawatan Medikal Bedah I
Deskripsi Mata Kuliah :
Fokus mata ajar ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan dan perkemihan. Pemberian asuhan keperawatan pada kasus gangguan sistem endokrin, imunologi, pencernaan dan perkemihan berdasarkan proses keperawatan dengan mengaplikasikan ilmu biomedik seperti biologi, histologi, biokimia,anatomi, fisiologi, patofisiologi, ilmu keperawatan medikal bedah, ilmu penyakit dalam, farmakologi,nutrisi, bedah dan rehabilitasi. Gangguan dari system tersebut meliputi gangguan peradangan, kelainan degenerative, keganasan dantrauma, yang termasuk dalam 10 kasus terbesar baik lokal, regional, nasional dan internasional. Lingkup bahasan mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi asuhan terhadap klien. Intervensi keperawatan meliputi terapi Modalitas Keperawatan pada berbagai kondisi termasuk terapi komplementer. Proses pembelajaran dilakukan melalui kuliah pakar, collaborative learning (CL) dan Belajar Berdasarkan Masalah (BDM),dan praktik laboratorium.
Keperawatan Maternitas II
Beban Studi: 2 SKS (1T; 1P)
Prasyarat : –
Deskripsi Mata Kuliah/kelompok bahan kajian :
Mata kuliah ini membahas tentang upaya meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan usia subur, ibu hamil, melahirkan, nifas, diantara dua masa kehamilan dan bayi baru lahir dalam kondisi berisiko dan masalah-masalah yang berhubungan dengan reproduksi dengan penekanan pada upaya preventif dan promotif yang menggunakan pendekatan proses keperawatanserta memperhatikan aspek legal dan etis ditatanan klinik maupun komunitas.
Keperawatan Komunitas I
Beban Studi : 2 Sks
Prasyarat : –
Deskripsi Mata Kuliah :
Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kesehatan dan keperawatan komunitas, program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam
menanggulangi masalah kesehatan prioritas di Indonesia, asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan yang terkait isu dan kecenderungan masalah kesehatan komunitas. Mata kuliah ini berguna dalam memahami konsep dasar keperawatan komunitas dan berbagai area khusus dalam keperawatan komunitas terutama terkait dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi di Indonesia, dan memahami mekanisme jaminan layanan keperawatan komunitas, serta issue/kecenderungan yang terjadi; dan atau prasyarat untuk mengikuti mata kuliah keperawatan komunitas II. Pengalaman belajar meliputi lecture, diskusi (SGD), PjBL, pembahasan kasus dan praktikum.
Keperawatan Kritis
Beban Studi: 3SKS
Prasyarat : Keperawatan Klinik (KMB, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Ilmu Keperawatan Jiwa)
Deskripsi Mata Kuliah/kelompok bahan kajian :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mengalami kritis dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Manajemen Keperawatan
Beban Studi : 3 SKS
Prasyarat : MK Keperawatan Dewasa
Deskripsi Mata Kuliah :
Fokus mata kuliah ini adalah mempelajari cara mengelola sekelompok perawat dengan menggunakan peran dan fungsi manajemen untuk dapat memberikan asuhan keperawatan kepada klien pada tatanan pelayanan keperawatan di tingkat ruang rawat di rumah sakit (RS) dan di tingkat keluarga di Puskesmas dan masyarakat sesuai standar nasional dan internasional. Aspek penting yang harus menjadi perhatian adalah kemampuan bekerja sama dalam mencapai tujuan organisasi. Konsep dasar peran dan fungsi manajemen dibahas secara bertahap dalam setiap pertemuan. Pembahasan ditekankan pada implementasi peran dan fungsi manajer unit perawatan. Proses pembelajaran dilakukan melalui metode pembelajaran aktif berupa diskusi (berbasis pertanyaan dan masalah), presentasi, role play, dan belajar berdasarkan hasil studi lapangan digunakan selama satu semester agar mencapai kemampuan kognitif 6 dan afektif 5.
Keperawatan Gawat Darurat
Beban Studi: 4 SKS
Prasyarat : Keperawatan Klinik (KMB, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Ilmu Keperawatan Jiwa)
Deskripsi Mata Kuliah/kelompok bahan kajian :
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan perencanaan asuhan keperawatan yang etis, legal dan peka budaya pada klien yang mempunyai masalah actual dan resiko yang terjadi secara mendadak atau tidak dapat diperkirakan dan tanpa atau disertai kondisi lingkungan yang tidak dapat dikendalikan, serta kondisi klien yang mengalami kritis dan mengancam kehidupan. Perencanaan asuhan keperawatan dikembangkan sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu mencegah atau mengurangi kematian atau kecacatan yang mungkin terjadi.
Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah
Beban Studi : 3 SKS (3 PL)
Prasyarat : IDK I, IDK II, KD I, KD II, KMB I, KMB II, KMB III
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah merupakan satu kelompok Mata Kuliah Keahlian (MKK) yang memiliki fokus pada penerapan asuhan
keperawatan yang diajarkan pada mata ajar Keperawatan Dewasa (KD). Fokus mata kuliah ini adalah pada pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan pada sistem pernafasan, kardiovaskuler, hematologi, endokrin, imun, pencernaan dan perkemihan, muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan. Penerapan asuhan keperawatan pada Praktik Klinik Keperawatan Medikal Bedah ini ditekankan pada kemampuan membangun jiwa profesionalisme mahasiswa, belajar reflektif (reflective learning) dan kemampuan dalam memberikan asuhan keperawatan. Pemberian asuhan keperawatan meliputi membina hubungan terapeutik dengan klien, melakukan pengkajian keperawatan, merumuskan diagnosis keperawatan yang sesuai dengan kasus, melakukan tindakan keperawatan dengan pendekatan tindakan sederhana ke kompleks, dan melakukan evaluasi yang sesuai dengan rencana tindakan. Proses pembelajaran dilakukan melalui praktik klinik di Rumah Sakit, diskusi kasus, presentasi kasus, dan belajar mandiri.