STIKes Karsa Husada Garut

Donor Darah 2022 : Share Your Bloods, Share Your Care

KSR PMI Kab.GARUT unit STIKes Karsa Husada Garut mengadakan donor darah bagi mahasiswa dan dosen STIKes Karsa Husada Garut pada Kamis, (29/09/22) di Basement Kampus 2 Jalan Nusa Indah No.2 Garut. Kegiatan donor darah bertemakan Share Your Bloods, Share Your Care.

Donor darah merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak memberikan manfaat tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk seluruh orang yang membutuhan. Darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kekurangan darah, kecelakaan, transplantasi organ, kanker, thalasemiam hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor.

Dikutip dari Promkes Kemenkes, ada 3 manfaat donor darah bagi kesehatan, diantaranya adalah :

1.Dapat mendeteksi Penyakit Serius

Pada pelaksanaanya, sebelum donor darah, kita wajib memerikasakan kondisi darah yang sekaligus mampu mendeteksi adanya penyakit serius seperti HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Untuk itu, dengan melakukan pemerikasaan darah rutin, maka berbagai penyakit tersebut dapat dideteksi sedini mungkin.

2. Menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, yang menjadi salah satu faktor penyebab dari penyakit jantung.

3. Membantu menurunkan berat badan

ntuk masyarakat yang saat ini sedang berfokus untuk menurunkan berat badan donor darah secara rutin dapat menjadi salah cara yang diambil. Alasan donor darah dapat menurunkan berat badan adalah karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya.

Dengan berbagai manfaat yang diberikan dari donor darah, diharapkan mampu memberi rasa percaya diri bagi pendonor untuk bisa mendonorkan darahnya secara rutin. Sehingga pasokan darah dapat terus dipenuhi dan tubuh menjadi lebih sehat.