STIKes Karsa Husada Garut

Dosen STIKes Karsa Husada Garut manfaatkan Gula Aren sebagai media Perawatan Luka pada Pasien Ulkus Diabetik

Dosen STIKes Karsa Husada Garut berhasil memanfaatkan Gula Aren sebagai media perawatan dan pengobatan luka pada pasien penderita Ulkus Diabetik.
Ketua tim penelitian Devi Ratnasari, S.Kep., Ners., M.Kep., dengan anggota Zahara Farhan, S.Kep., Ners., M.Kep., dan Apt. Dani Sujana, S.Farm., M.Farm menjelaskan penelitian dalam menciptakan obat ini sudah dilakukan selama 2 tahun.
“Selain hasil penelitian ini, kami juga langsung praktikan cara pengobatan terhadap pasien penderita Ulkus Diabetik atau penderita luka akibat penyakit diabetes. Hasilnya sangat luar biasa dapat membantu dalam penyembuhan dan mengeringkan luka tersebut,” ungkapnya, Senin (26/9/2022).
Zahara menjelaskan alasan memilih meneliti gula aren untuk obat perawatan. Awalnya, muncul ide meneliti kandungan gula sebagai salah satu penyebab penyakit diabetes. Hasil penelitian, gula aren merupakan produk olahan dari pohon aren yang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga, pihaknya pun memanfaatkan gula aren untuk perawatan penderita Ulkus Diabetik yang biasa diidap oleh penderita diabetes melitus tipe 2.
Salah satu kandungan zat yang berperan dalam proses perbaikan luka yang terkandung dalam gula aren yaitu vitamin C (ascorbic acid), riboflavin dan vitamin A. Zat riboflavin dapat membantu pembentukan sel darah merah dan menstimulasi pembentukan antibodi yang diproduksi sumsum tulang (bone marrow).
Sementara zat ascorbic acid yang terkandung dalam gula aren memiliki efek sebagai antibiotik. Mampu meningkatkan sistem kerja jaringan yang dapat melemahkan dan membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi pada luka.
“Intinya dengan hasil penelitian ini kami ingin mengaplikasikan dalam tugas pengabdian kepada masyarakat tentang pemanfaatan gula aren sebagai media perawatan luka pada penderita diabetes. Saat ini banyak penderita tidak tahu, karena mereka tahunya menggunakan obat kimia untuk metode penyembuhan,” jelasnya.

 

Selanjutnya baca di Sini