STIKes Karsa Husada Garut

Kuliah Pakar : Meningkatkan Skill Komunikasi Perawat

Program Studi S1 Keperawatan STIKes Karsa Husada Garut mengadakan kuliah pakar yang disampaikan oleh Bapak Fauzi Noerwenda pada Sabtu, (17/09/22)  secara daring. Kegiatan diikuti oleh mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Tingkat 2.

Kuliah pakar ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Komunikasi Dasar Keperawatan yang di ampu oleh Ibu Tanti Suryawantie, S.Kep., Ners., M.Kep.

Sambutan sekaligus pembukaan acara disampaikan oleh Ibu Iin Patimah, S.Kep., Ners., M.Kep selaku Kaprodi dan  Ketua STIKes Karsa Husada Garut Bapak H. Engkus Kusnadi, S.Kep, M.Kes. Kemudian penyampaian materi oleh Bapak Fauzi Noerwenda tentang pentingnya menguasai kemampuan komunikasi.  Diawal penyampaiannya bapak Fauzi menjelaskan terkait self confidence, ia menyatakan “Kita harus mempersiapkan mental dan memiliki growth mindset”, lanjutnya “Dengan meyakini kualitas diri, kita bisa berubah dan bertumbuh. Percaya diri adalah sikap mental yang siap untuk mengahadapi tantangan, masalah dan hal-hal baru, lalu memberikan performa terbaik dalam melakukan hal tersebut” tuturnya. masalah yang sering dihadapi saat melakukan komunikasi salah satunya adalah munculnya rasa grogi atau canggung” lanjutnya “ketikan kalian sedang grogi dan cara untuk mengatasi grogi tersebut ingatlah kata perawat, yaitu Persiapan dan Latihan, Rasakan tarikan nafas, kuwatkan doa,” tuturnya.

Bapak Fauzi menambahkan bahwa dalam komunikasi penting untuk kita memperhatikan penampilan karena dengan penampilan menunjukkan kepribadian dan mengubah cara pandang seseorang.

Usai penyampaian materi, pemberian sertifikat diberikan kepada pembicara oleh pembantu ketua bidang akademik Bapak Elang Muhammad Atoilah, S.Sos., M.Kes.

Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Skill Komunikasi Pada Perawat” diharapkan mampu untuk melatih skill komunikasi pada mahasiswa s1 keperawatan sebagai seorang calon perawat muda yang nantinya akan berhadapan langsung dengan pasien dan sekaligus menjadi obat tersendiri bagi para pasien.